Posted on

ANALISIS WILAYAH KOTA BATAM

ANALISIS PERUBAHAN RUANG KOTA BATAM SEJAK TAHUN 1980-SEKARANG

Batam merupakan salah satu kota industri terbesar di Indonesia. Kota Batam merupakan kota kepulauan yang terdiri dari beberapa pulau besar dan ratusan pulau kecil yang tergabung dalam wilayah kota Batam. Batam menjadi kota yang sangat berkembang saat ini, sejak kepemimpinan presiden Suharto dan pemimpin otorita Batam saat itu Habibie. Kedua pemimpin tersebut memiliki pandangan yang sangat luar biasa. Saat itu Presiden Suharto menginginkan agar batam dapat menjadi seperti Singapura yang sangat maju karena letak strategisnya di selat Malaka.
Sejak tahun 1980 pemerintah giat melakukan pembangunan di kawasan ini guna mendukung keinginan tersebut. Saat itu kota Batam hanya dijadikan sentra industri dan perdagangan, dari tahun ke tahun perkembangan industri di batam sangat maju dengan pertumbuhan ekonomi di atas pertumbuhan nasional bahkan disaat krisis ekonomi. Akibatnya batam menjadi magnet yang mengikat orang banyak untuk mengadu nasib di kota ini. Orang dari seluruh pelosok negri ini berbondong-bondong datang berburu pekerjaan, penduduk kota inipun meningkat drastis dari tahun ke tahun, semula yang hanya berpenduduk 80.000 jiwa sekitar tahun 1980-an hingga mencapai anggka diatas 1 juta jiwa tahun ini. Banyak faktor selain kedekatan dengan singapura yang menjadi daya tarik kota berbentuk kalajengking ini. Saat ini Batam bukan hanya sekadar menjadi koa industry saja namun juga menjadi kota pariwisata, kota jasa, kota hiburan malam, dan tempat pengalihan kapal (shipyard dunia), banyak usaha yang dilakuakan pemerintah memajukan kota ini diantaranya menjadikan kawasan ini kawasan spesial ekonomi dan perdagangan bebas (SEZ dan FTZ). Pembangunan lahan pun bergeliat tanpa henti, batam bukanlah seperti yang dulu….Berikut analisis mengenai perkembangan ruang kota Batam.

Gambar Batam saat ini, melalui foto udara dan citra

Gambar Batam tahun 1980an, melalui foto udara dan citra

Dari 2 gambar/foto udara berbeda tahun diatas terdapat perbedaan yang sangat mencolok dari tahun yang berbeda, saat ini kota batam telah banyak lahan yang terbangun dan cukup padat banyak kenampakan baru dari yang semula kosong seperti kompleks perumahan, kompleks pertokoan, kawasan industry, mall, kantor, apartement, gedung bertingkat dan sebagainya. Awalnya kota Batam pada awal tahun 1980 hanya ditutupi hutan dengan kondisi fisik tanah yang tidak rata atau bergelombang dan berbukui-bukit dengan keadaan tanah tidak subur karena merupakan tanah bauksit.
1. Analisis pola keruangan (spatial pattern analysis)
Pada awal tahun 1980 pola ruang yang ada tidak begitu terlihat jelas karena wilayah kota Batam masih belum berkembang pola ruangnya hanya berupa pemukiman yang berada disekitar garis pantai, di wilayah utara pulau Batam dan Barat pulau ini. Selain itu berupa hutan. jadi pola ruangnya berada di sekitar garis pantai. Sedangkan pada saat ini pola ruang cukup terlihat, dapat dilihat pola nnya yaitu pemukiman menyebar di seluruh area, di daerah selatan, utara dan sebagian barat. Mengikuti seluruh jalan yang ada di kota. Tidak terdapat wilayh persawahan, namun yang ada wilayah hutan ditengah pulau ini. Hal ini dapat kita amati pada peta.
2. Analisis struktur keruangan (spatial structure analysis)
Pada tahun 1980, struktur yyang ada dalam pemamfaatan lahan adalah hampir 98% adalah daerah kawasan hutan lebat, dan sisanya pemukiman sekitar pantai. Namun saat ini struktur ruang yang ada hampir 52 % pemamfaatan lahan untuk wilayah terbangun seperti pemukiman dan kawasan industry dan kantor-kantor, sedangkan 48% lainnya adalah wilayah hutan lindung. Struktur seperti ini merupakan mutlak struktur sebuah kota, hal ini disebabkan kemajuan yang terjadi pada kota ini dari tahun ke tahun.
3. Analisis proses keruangan (spatial process analysis)
Proses yang terjadi sejak awal tahun 1980, dapat kita lihat pada peta dan kenampakan ynag ada area yang tadinya merupakan hutan lebat dan berbukit-bukit berlahan lahan berubah menjadi lahan terbangun seperti kawasan industry, perumahan, galangan kapal dan sebagainya, perkembangan kota yang sangat cepat mengakibatkan perubahan ruang kota Batam menjadi sangat cepat dalm waktu 30 tahun, kota ini berubah total, setiap saat selalu ada perkembangan di setiap sudut kota ini.
4. Analisis interaksi keruangan (spatial interactiao analysis)
Awalnya interaksi kota Batam dengan wilayah dan kabupaten disekitarnya tidak terlihat intens namun, sejak pembangunan yang intens dilakukan serta penduduk yang semakin meningkat jumlahnya maka terjadi interaksi dengan kawasan/daerah disekitarnya, keberlangsungan kota Batam bergantung pada interaksinya dengan kabupaten sekitar seperti tanjung pinang, Karimun, Natuna,bahkan dengan Sumatra utara dan singapura untuk memenuhi kebutuhan pangan, sandang dan papan penduduknya.
5. Analisis organisasi keruangan (spatial organization analysis)
Batam merupakan golongan dari kota menengah namun keberadaannya seperti kota besar karena mempengaruhi daerah sekitarnya, tidak seperti keadaan awalnya dimana hanya sebagai daerah perbatasan yang tidak potensial, namun saat ini batam menjadi salah satu tonggak perekonomian Indonesia.
6. Analisis asosiasi keruangan (spatial association analysis)
Perubahan asosiasi keruanagan sangat jelas terjadi dari tahun ke tahun, mulai dari hilangnya hutan hingga pengalihan fungsi hutan menjadi wilayah perkotaan dapat kita liha keadaan saat ini pada gambar sangat minim adanya hutan, semua pemukiman dengan jumlah penduduk yang sangat besar, gejala-gejala ini menimbulkan banyak hal negative mulai dari masalah pemukiman kumuh hingga kriminalitas yang tinggi.
7. Analisis Kecenderungan ruang (spatial tendency analysis)
Perubahan ruang yang terjadi dari rentang tahun 1980-2011, terlihat jelas dengan kecenderunagan pembangunankesegalah arah tanpa kecuali hutan lindung dan daerah perbukitan. Pembangunan memang berada pada pusat kota, namu secar umum segala tempat atau area yang ada mengalami pembangunan yang sama.

About these ads

About jehovaimmeka

LOVE AND RESPECT

2 responses to “ANALISIS WILAYAH KOTA BATAM

  1. psaonone

    terimakasih mas, bisa nambah ilmu tentang batam nih, He…

  2. bagusnya di daerah sekupang atau tiban
    karena daerah tiban merupakan kawasan permukiman dari yang murah sampe yang mahal tersedia lengkap

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s